RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan : 3
kali pertemuan
Alokasi Waktu : 6 X 45
menit
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Standar Kompetensi
5. Mempraktikkan berbagai gaya renang lanjutan dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya*)
Kompetensi Dasar
5.1. Mempraktikkan
keterampilan renang gaya punggung serta nilai disiplin, kerja keras dan
keberanian.
5.2. Mempraktikkan
keterampilan berbagai gaya renang lanjutan lainnya serta nilai disiplin,
kerja keras dan keberanian.
A.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1. Siswa mampu melakukan
latihan gerakan kaki renang gaya punggung dengan koordinasi yang baik.
2. Siswa mampu melakukan
latihan gerakan lengan renang gaya punggung dengan koordinasi yang baik.
3. Siswa mampu melakukan
latihan gerakan pernapasan renang gaya punggung dengan koordinasi yang baik.
4. Siswa mampu melakukan
perlombaan renang gaya punggung (menempuh jarak 50 meter) untuk menumbuhkan dan
memupuk nilai-nilai disiplin, kerja keras dan keberanian.
B. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa melakukan latihan gerakan kaki renang
gaya punggung dengan koordinasi yang baik.
2. Siswa melakukan latihan gerakan lengan
renang gaya punggung dengan koordinasi yang baik.
3. Siswa melakukan latihan gerakan pernapasan
renang gaya punggung dengan koordinasi yang baik.
4. Siswa melakukan perlombaan renang gaya
punggung (menempuh jarak 50 meter) untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai
disiplin, kerja keras dan keberanian.
C.
Materi Pembelajaran
Latihan
Renang/Akuatik
1. Latihan gerakan kaki renang gaya punggung dengan
koordinasi yang baik.
2. Latihan gerakan lengan renang gaya punggung dengan
koordinasi yang baik.
3. Latihan gerakan
pernapasan renang gaya punggung dengan koordinasi yang baik.
4. Perlombaan renang gaya punggung (menempuh jarak 50
meter).
D. Metode
Pembelajaran
E. Model : Model Pembelajaran Langsung (MPL).
F. Metode : Demontrasi, Komando, pemberian tugas
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mempraktikkan
keterampilan renang gaya punggung serta nilai disiplin, kerja keras
dan keberanian.
·
Mempraktikkan
keterampilan berbagai gaya renang lanjutan lainnya serta nilai
disiplin, kerja keras dan keberanian.
|
·
Latihan gerakan kaki renang gaya punggung.
·
Latihan gerakan lengan renang gaya punggung.
·
Latihan gerakan pernapasan renang gaya punggung.
·
Perlombaan renang gaya punggung (menempuh jarak 50
meter).
|
·
Siswa dapat Melakukan latihan gerakan kaki renang gaya
punggung dengan koordinasi yang baik.
·
Siswa dapat Melakukan latihan gerakan lengan renang
gaya punggung dengan koordinasi yang baik.
·
Siswa dapat Melakukan latihan gerakan pernapasan renang
gaya punggung dengan koordinasi yang baik.
·
Siswa dapat Melakukan perlombaan renang gaya punggung
(menempuh jarak 50 meter) untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai disiplin,
keberanian, tanggungjawab dan kerja keras.
|
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 2
1.
Kegiatan Pendahuluan (15
menit)
·
Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan
penjelasan tujuan pembelajaran.
·
Pemanasan
secara umum
·
Berlari
mengelilingi kolam renang
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Penjelasan
cara melakukan latihan gerakan kaki renang gaya punggung dengan koordinasi yang
baik.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Melakukan
latihan gerakan kaki renang gaya punggung dengan koordinasi yang baik
(perorangan maupun berkelompok).
·
Penjelasan
cara melakukan latihan gerakan lengan renang gaya punggung dengan koordinasi
yang baik.
·
Melakukan
latihan gerakan lengan renang gaya punggung dengan koordinasi yang baik
(perorangan maupun berkelompok).
·
Penjelasan
cara melakukan latihan gerakan pernapasan renang gaya punggung dengan
koordinasi yang baik.
·
Melakukan
latihan gerakan pernapasan renang gaya punggung dengan koordinasi yang baik
(perorangan maupun berkelompok).
·
Melakukan
perlombaan renang gaya punggung (menempuh jarak 50 meter) yang dilakukan secara
berkelompok.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Menghargai
prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
·
Pendinginan
(colling down) (nilai yang
ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta
Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab);
·
Evaluasi,
diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·
Berbaris
dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
Pertemuan
3
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·
Berbaris,
berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
·
Pemanasan
secara umum
·
Berlari
mengelilingi kolam renang
2. Kegiatan Inti
(70 menit)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Uji kompetensi renang gaya punggung menempuh jarak 50 meter
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Menghargai
prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Pendinginan
(colling down) (nilai yang
ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta
Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab);
·
Evaluasi,
diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·
Berbaris
dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
H. Alat
dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
·
Kolam renang
·
Pelampung renang
·
Kaca mata renang
·
Peluit
2. Sumber Pembelajaran :
·
Media cetak
o
Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XII, Muhajir,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o
Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
·
Media elektronik
o Audio/video visual
latihan renang gaya punggung
o Rekaman/cuplikan latihan renang gaya
punggung
I.
Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan renang gaya punggung
(menempuh jarak 25 meter), unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan
melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan
gerakan (penilaian produk/prestasi).
· Penilaian proses renang
gaya punggung (Penilaian keterampilan
berenang)
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Awal
|
Gerakan
|
Sikap Akhir
|
Jml
|
Nilai Pros.
|
Nilai Prod
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dsb
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
· Penilaian produk/prestasi
renang gaya punggung (Menempuh jarak 50
meter).
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
….. < 50 detik
|
….. < 60 detik
|
100%
|
Sangat Baik
|
51 – 60 detik
|
61 – 70 detik
|
90%
|
Baik
|
61 – 70 detik
|
71 – 80 detik
|
80%
|
Cukup
|
71 – 80 detik
|
81 – 90 detik
|
70%
|
Kurang
|
…… >
80 detik
|
…… >
90 detik
|
60%
|
Kurang Sekali
|
b. Tes
Sikap (Afektif)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama
siswa melakukan pembelajaran Pendidikan
Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran,
menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap Yang Dinilai
|
Σ
|
NA
|
|||||||||||||||||
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Menghargai
|
Semangat
|
Percaya diri
|
Sportivitas
|
||||||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
c. Tes
Pengetahuan (Kognitif)
Format penilaian pembelajaran teknik dasar
renang gaya punggung :
No.
|
Nama Siswa
|
Butir-butir Pertanyaan
|
Σ
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No.5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 15
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
Contoh Butir Pertanyaan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1.
|
Sebutkan
nomor-nomor yang dipertandingkan dalam perlombaan renang gaya punggung!
|
2.
|
Sebutkan macam-macam teknik dasar renang
gaya punggung!
|
3.
|
Jelaskan cara melakukan
latihan gerakan kaki renang gaya punggung!
|
4.
|
Jelaskan cara melakukan latihan gerakan
lengan renang gaya punggung!
|
5.
|
Jelaskan cara melakukan
latihan gerakan pernapasan renang gaya punggung!
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
NIP.
...........................................
|
Sugihwaras, 19 Nopember 2012
Guru Mata Pelajaran
NIP.
...........................................
|
0 komentar:
Posting Komentar